Selasa, 29 Desember 2015

Area Jalanan Yang Berbahaya (2-Habis)

Selain karena faktor sesama pengendara (perilaku sopir yang membawa kendaraan) dan bencana alam yang kerap terjadi di suatu wilayah jalan raya, faktor yang lain pun perlu diwaspadai. Faktor ini adalah keramaian, sesuatu atau makhluk disekitar atau di luar pengguna jalan.

Proyek pengaspalan jalan di Bratan, Bali. Image: commons.wikimedia.org/CEphoto, Uwe Aranas

Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya mengamati kebutuhan masyarakat yang suka memelihara hewan demi menghibur diri di sela-sela rutinitas. Hewan ini ada yang dikurung, ada yang dibiarkan berkeliling mencari makan sendiri. Secara tak sengaja di sebuah forum, Sewa Rental Mobil Avanza di Surabaya mendapati seseorang menjadi lumayan jengkel karena piaraan tersebut melintas jalan kala dia berkendara. Piaraan tersebut adalah ayam dan kucing. Saat ada kendaraan bermotor yang lewat, tidak disangka sebelumnya piaraan tersebut tidak menghindar malah seperti berlari mengikuti kendaraan, bahkan mendekat dan melintas di depan. Hal ini mungkin terkait refleks hewan tersebut; tapi secara keseluruhan hal ini mengganggu konsentrasi pengemudi pula.

Dan ada juga yang tak hanya sekedar memelihara, tapi beternak yang digunakan oleh penduduk sebagai aset dan mata pencarian. Peternak ini ada yang menggembala ternaknya; tetapi ada juga yang terkesan membiarkan hingga ternaknya kemudian melintas jalan. Misalnya, seperti berita yang menjadi referensi Sewa Rental Mobil Livina di Surabaya berikut ini: http://sulteng.antaranews.com/berita/22131/kambuh-lagi-sapi-melintas-di-jalan-raya-kota-palu. Padahal, inilah hukumnya bila kita menabrak hewan dan menderita kerugian karenanya: http://www.hukumonline.com/klinik/detail/lt5018e79b5f626/pertanggungjawaban-hukum-jika-menabrak-hewan-di-jalan-raya. Hewan yang tak tahu apa-apa ini tidak mungkin untuk dimintai pertanggung-jawaban, jadi bila ada komplain dan kerugian lebih lanjut bisa dialamatkan kepada pemiliknya. Karena tidak mungkin seekor hewan produktif dan biasa dikonsumsi seperti sapi pada berita di atas tidak mempunyai pemilik. Sayangnya, di Indonesia sendiri pemasangan rambu peringatan berisi hewan yang sering melintas agak kurang lazim terlihat.

Tanda banyak hewan melintas (Jepang). image: commons.wikimedia.org/Navian
Sewa Rental Mobil Innova di Surabaya kerap menemui adanya halangan yang melintas jalan seperti hewan pada paparan di atas. Jika hewan tersebut liar seperti ular atau tikus yang biasanya menyusuri kampung, maka meski terlindas dan membuat orang bergidik ngeri karena mendapat 'tontonan kejam' tiba-tiba, tak perlu ada pertanggungjawaban yang berarti kecuali jika hal ini membuyarkan konsentrasi berkendara dan mengakibatkan hal yang lebih besar dari itu.

Berkaitan dengan buyarnya konsentrasi karena melintasnya sesuatu di jalan, Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya melihat bahaya lain yang dapat menimpa anak-anak saat mereka beraktivitas. Hal ini sudah pasti karena minimnya pengawasan orangtua atau wali anak tersebut. Berbahaya karena menyangkut nyawa. Seperti terekam pada berita berikut: http://www.otosia.com/berita/sedikit-saja-lengah-anak-bisa-jadi-korban.html.
Memang anak tersebut akhirnya selamat, tapi keberuntungan seringkali tidak berpihak pada makhluk yang tertabrak. Dan banyak orang tua merasa tak menelantarkan anaknya dan tidak sanggup untuk mengawasi si anak sepanjang hari dan adanya hal lain yang perlu dikerjakan.

Kelalaian dan kecerobohan semacam itu tak hanya melanda anak-anak saja; seringkali mereka yang telah dewasa pun demikian. Seperti yang dijadikan referensi Rental Sewa Mobil Pregio di Surabaya pada video berikut: http://www.otosia.com/berita/waspada-nyawa-bisa-terancam-karena-memungut-barang-di-tengah-jalan.html. Ini dia videonya:



Akhirnya, kita mesti harus waspada akan adanya rambu berisi keterangan tentang pemukiman yang banyak anak agar terhindar dari kemungkinan akan pembayaran ganti rugi. Semoga artikel Sewa Mobil Elf di Surabaya bermanfaat.

Sabtu, 26 Desember 2015

Area Jalanan Yang Berbahaya (1)

Areal jalanan yang berbahaya ini tersebar di semua wilayah. Disebut berbahaya mengacu karena sebutan umum yakni jalur tengkorak. Di jalur tersebut biasanya rawan kecelakaan meski sudah diberi pengaman dan peringatan semacam rambu-rambu lalu-lintas. Lalu, apa sebabnya? Bisa jadi karena lokasi tersebut di pinggir jurang, di lokasi terpencil dimana jarang pemukiman atau bahkan karena jalan di tempat tersebut sangat baik serta mulus, lurus tak berkelok sehingga mengundang sopir menginjak pedal gasnya; dan lain sebagainya. Bisa jadi Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya secara tidak sengaja atau bahkan konsisten melewati jalur tengkorak ini karena mengantarkan tamu.


Sebuah jalan yang tenang begini bisa berpotensi kecelakaan ketika pengemudinya lalai.
image: commons.wikimedia.org/Piotr Melecki.

Meski Sewa Rental Mobil di Surabaya Barat juga berpikir bahwa semua area jalan berpotensi berbahaya jika kita melihat skill dan perilaku pengemudi pada umumnya. Belum lagi bila melihat banyaknya potensi kecelakaan akibat masih banyaknya kendaraan yang mengaspal jalan dengan kondisi memprihatinkan dan perawatannya yang tampak meragukan. Misalnya, asap knalpot yang cenderung pekat, atau rem yang blong sehingga menabrak dan menimbulkan kerugian materi atau bahkan nyawa.

Kembali ke jalur tengkorak ini. Dari keterangan yang dihimpun oleh berbagai media yang menjadi referensi Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya, banyak diantara jalur tersebut ternyata bukan jalan yang sepi, alias masih ramai menjadi lalu-lalang kendaraan. Bisa jadi disebut demikian karena menghitung dan mengukur intensitas kecelakaan yang terjadi di wilayah tersebut.
Sewa Rental Mobil Livina di Surabaya menyebutkan beberapa diantaranya yang bersumber dari laman radio online ini: http://www.suarasurabaya.net/pernikramadhan/news/2014/136802-44-Jalur-Tengkorak-Hadang-Pemudik-Jatim,-Inilah-Jalur-Rawan-Itu. Rental Sewa Mobil Honda Mobilio di Surabaya hanya mengutip jalur rawan kecelakaan dan bencana seperti pemahaman umum akan jalur tengkorak, dan mengesampingkan jalur rawan kemacetan.

Rawan Kecelakaan:
Ruas Surabaya-Lamongan-Tuban:
1. Jalan Kalianak, Surabaya
2. Jalan Lamongan-Babat
3. Jalan Sukodadi hingga Kebonsari, Lamongan.
Ruas Surabaya-Madiun-Ngawi:
1. Balongbendo, Sidoarjo
2. Jalan Raya Desa Pagerwojo, Perak, Jombang
3. Jalan Raya Warujayeng, Kecamatan Anom, Nganjuk
4. Jalan Raya Desa Kedung Prahu, Karang jati, Ngawi
Ruas Surabaya-Malang-Blitar-Tulungagung:
1. Jalan Sunandar Priyo Sudarmo
2. Jalan Raya Desa Pojok, Kecamatan Garum Blitar
Ruas Surabaya-Probolinggo-Situbondo-Banyuwangi:
Jalan Raya Arjosari, Rejoso, Pasuruan
Ruas Surabaya-Bangkalan-Sumenep:
Jalan Desa Dumaja, Tanah Merah, Bangkalan
Ruas Babat-Bojonegoro-Ngawi:
Jalan Raya Desa Balenrejo, Kecamatan Balen, Bojonegoro
Ruas Ponorogo-Trenggalek:
Jalan Raya di Wilayah Jetis, Ponorogo
Ruas Kertosono-Kediri-Tulungagung-Trenggalek:
Jalan Raya Rembang, Ngadiluwih, Kediri
Ruas Madiun-Ponorogo-Pacitan:
Jalan Raya Grunggung, Desa Gunung Sari, Pacitan
Ruas Probolinggo-Lumajang-Jember-Banyuwangi:
Jalan Bromo, Probolinggo kota

Rawan Bencana:
Ruas Surabaya-Lamongan-Tuban:
Tambakboyo dan Widang (Rawan Banjir)
Ruas Surabaya-Madiun-Ngawi:
Mojokerto (Rawan Kabut)
Ruas Surabaya-Probolinggo-Situbondo-Banyuwangi:
Rejoso, Kraton, dan Situbondo (Rawan Banjir)
Ruas Surabaya-Bangkalan-Sumenep:
Sampang, Pamekasan, dan Sumenep (Rawan Banjir)
Ruas Probolinggo-Lumajang-Jember-Banyuwangi:
Kalibaru-Banyuwangi (Rawan Longsor)

Selain itu, di beberapa lintasan kereta api nampaknya juga rawan kecelakaan; Rental Sewa Mobil Innova di Surabaya yang menurut referensi berita berikut hanya diberi spanduk saja sebagai pengingat; karena lintasan kereta api tersebut tak berpalang pintu dan tak berpenjaga: http://nasional.tempo.co/read/news/2013/07/28/058500370/pt-kai-antisipasi-19-titik-rawan-di-jawa-timur. Tetapi, jumlah sesungguhnya mungkin lebih besar. Menurut situs kereta-api.info, ada sekitar 600 perlintasan kereta api tanpa pengawasan yang memadai (artikel berikut dirilis tak berjauhan waktu tayangnya dengan sebelumnya): http://kereta-api.info/600-pintu-perlintasan-kereta-api-di-jawa-timur-tanpa-pengawasan-1184.htm.

Rel kereta dan jalan raya pun bisa bersilangan di beberapa titik, maka yang bisa dilakukan oleh Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya pun hanya meningkatkan kewaspadaan saat melintasi persilangan tersebut, khususnya yang tak berpintu. Hanya, nampaknya kita lebih harus mewaspadai perilaku pengendara umumnya, jangan sampai kendaraan yang kita tunggangi terjebak oleh banyak hal tidak menyenangkan karena sekitar kita pun bisa menjadi penyebab. Dan sekalian introspeksi, selama ini bila kita terlibat kecelakaan di jalan raya; apakah hal tersebut disebabkan oleh orang lain atau murni dari kita sendiri.