Saturday, December 26, 2015

Area Jalanan Yang Berbahaya (1)

Sewa Mobil Surabaya - Areal jalanan yang berbahaya ini tersebar di semua wilayah. Disebut berbahaya mengacu karena sebutan umum yakni jalur tengkorak. Di jalur tersebut biasanya rawan kecelakaan meski sudah diberi pengaman dan peringatan semacam rambu-rambu lalu-lintas. Lalu, apa sebabnya? Bisa jadi karena lokasi tersebut di pinggir jurang, di lokasi terpencil dimana jarang pemukiman atau bahkan karena jalan di tempat tersebut sangat baik serta mulus, lurus tak berkelok sehingga mengundang sopir menginjak pedal gasnya; dan lain sebagainya. Bisa jadi Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya secara tidak sengaja atau bahkan konsisten melewati jalur tengkorak ini karena mengantarkan tamu.


Sebuah jalan yang tenang begini bisa berpotensi kecelakaan ketika pengemudinya lalai.
image: commons.wikimedia.org/Piotr Melecki.

Meski Sewa Rental Mobil di Surabaya Barat juga berpikir bahwa semua area jalan berpotensi berbahaya jika kita melihat skill dan perilaku pengemudi pada umumnya. Belum lagi bila melihat banyaknya potensi kecelakaan akibat masih banyaknya kendaraan yang mengaspal jalan dengan kondisi memprihatinkan dan perawatannya yang tampak meragukan. Misalnya, asap knalpot yang cenderung pekat, atau rem yang blong sehingga menabrak dan menimbulkan kerugian materi atau bahkan nyawa.

Kembali ke jalur tengkorak ini. Dari keterangan yang dihimpun oleh berbagai media yang menjadi referensi Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya, banyak diantara jalur tersebut ternyata bukan jalan yang sepi, alias masih ramai menjadi lalu-lalang kendaraan. Bisa jadi disebut demikian karena menghitung dan mengukur intensitas kecelakaan yang terjadi di wilayah tersebut.
Sewa Rental Mobil Livina di Surabaya menyebutkan beberapa diantaranya yang bersumber dari laman radio online ini: http://www.suarasurabaya.net/pernikramadhan/news/2014/136802-44-Jalur-Tengkorak-Hadang-Pemudik-Jatim,-Inilah-Jalur-Rawan-Itu. Rental Sewa Mobil Honda Mobilio di Surabaya hanya mengutip jalur rawan kecelakaan dan bencana seperti pemahaman umum akan jalur tengkorak, dan mengesampingkan jalur rawan kemacetan.

Rawan Kecelakaan:
Ruas Surabaya-Lamongan-Tuban:
1. Jalan Kalianak, Surabaya
2. Jalan Lamongan-Babat
3. Jalan Sukodadi hingga Kebonsari, Lamongan.
Ruas Surabaya-Madiun-Ngawi:
1. Balongbendo, Sidoarjo
2. Jalan Raya Desa Pagerwojo, Perak, Jombang
3. Jalan Raya Warujayeng, Kecamatan Anom, Nganjuk
4. Jalan Raya Desa Kedung Prahu, Karang jati, Ngawi
Ruas Surabaya-Malang-Blitar-Tulungagung:
1. Jalan Sunandar Priyo Sudarmo
2. Jalan Raya Desa Pojok, Kecamatan Garum Blitar
Ruas Surabaya-Probolinggo-Situbondo-Banyuwangi:
Jalan Raya Arjosari, Rejoso, Pasuruan
Ruas Surabaya-Bangkalan-Sumenep:
Jalan Desa Dumaja, Tanah Merah, Bangkalan
Ruas Babat-Bojonegoro-Ngawi:
Jalan Raya Desa Balenrejo, Kecamatan Balen, Bojonegoro
Ruas Ponorogo-Trenggalek:
Jalan Raya di Wilayah Jetis, Ponorogo
Ruas Kertosono-Kediri-Tulungagung-Trenggalek:
Jalan Raya Rembang, Ngadiluwih, Kediri
Ruas Madiun-Ponorogo-Pacitan:
Jalan Raya Grunggung, Desa Gunung Sari, Pacitan
Ruas Probolinggo-Lumajang-Jember-Banyuwangi:
Jalan Bromo, Probolinggo kota

Rawan Bencana:
Ruas Surabaya-Lamongan-Tuban:
Tambakboyo dan Widang (Rawan Banjir)
Ruas Surabaya-Madiun-Ngawi:
Mojokerto (Rawan Kabut)
Ruas Surabaya-Probolinggo-Situbondo-Banyuwangi:
Rejoso, Kraton, dan Situbondo (Rawan Banjir)
Ruas Surabaya-Bangkalan-Sumenep:
Sampang, Pamekasan, dan Sumenep (Rawan Banjir)
Ruas Probolinggo-Lumajang-Jember-Banyuwangi:
Kalibaru-Banyuwangi (Rawan Longsor)

Selain itu, di beberapa lintasan kereta api nampaknya juga rawan kecelakaan; Rental Sewa Mobil Innova di Surabaya yang menurut referensi berita berikut hanya diberi spanduk saja sebagai pengingat; karena lintasan kereta api tersebut tak berpalang pintu dan tak berpenjaga: http://nasional.tempo.co/read/news/2013/07/28/058500370/pt-kai-antisipasi-19-titik-rawan-di-jawa-timur. Tetapi, jumlah sesungguhnya mungkin lebih besar. Menurut situs kereta-api.info, ada sekitar 600 perlintasan kereta api tanpa pengawasan yang memadai (artikel berikut dirilis tak berjauhan waktu tayangnya dengan sebelumnya): http://kereta-api.info/600-pintu-perlintasan-kereta-api-di-jawa-timur-tanpa-pengawasan-1184.htm.

Rel kereta dan jalan raya pun bisa bersilangan di beberapa titik, maka yang bisa dilakukan oleh Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya pun hanya meningkatkan kewaspadaan saat melintasi persilangan tersebut, khususnya yang tak berpintu. Hanya, nampaknya kita lebih harus mewaspadai perilaku pengendara umumnya, jangan sampai kendaraan yang kita tunggangi terjebak oleh banyak hal tidak menyenangkan karena sekitar kita pun bisa menjadi penyebab. Dan sekalian introspeksi, selama ini bila kita terlibat kecelakaan di jalan raya; apakah hal tersebut disebabkan oleh orang lain atau murni dari kita sendiri.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentar Anda.