Wednesday, November 21, 2018

Antara 'Laris' dan Tidak, Diminati dan Sebaliknya

Sewa Mobil Surabaya - Arti kata 'laris' biasanya berhubungan dengan banyaknya pembeli atau pengguna yang memilih berlangganan. Jika sebuah produk banyak peminat dan banyak pembeli mungkin memang bisa dikatakan laris, tetapi bagaimana jika kita mempunyai 'keterbatasan' tertentu namun tetap ada banyak orang yang berniat memesan?
Kebetulan Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya dalam kesehariannya juga seperti ini. Memang ada waktu-waktu dimana order sepi atau jarang ada orang yang menggunakan jasa rental mobil (disamping secara fakta persaingan di dunia rental mobil sangat ketat); namun hal ini pun tak sering terjadi disamping pasti dialami oleh banyak usaha rental mobil. Hal ini diketahui Rental Sewa Mobil Avanza di Surabaya saat ada mantan sopir dari 'kompetitor' memberi pengakuan saat interview lowongan kerja. Namun yang lebih diyakini oleh Sewa Rental Mobil Livina di Surabaya adalah setiap usaha pasti akan mengalami pasang-surut disebabkan kebutuhan orang yang tidak akan terus-menerus ada.

Ilustrasi pembelanjaan sebuah barang/jasa. Sumber: Pixabay/athree23

Di sisi lain, ketika Rental Sewa Honda Mobilio di Surabaya sedang 'laris' dan hanya menyisakan armada yang saat itu membutuhkan perawatan rutin maka tak ada hal lainnya yang dapat dilakukan (kecuali menolaknya) disebabkan kehabisan unit jika mendapat order atau pemesanan lagi. Kondisi ini dapat berarti jika kelarisan sebuah usaha (atau bisa juga tentang barang) dibatasi oleh ketersediaan atau kapabilitasnya secara teknis. Meski keuntungan dari usaha terkait barang adalah masih bisa menumpuk hasil produksinya di gudang.
Namun memang ada kasus tertentu pada beberapa rental mobil lain yang melakukan kerjasama dengan pemilik mobil untuk mengantisipasi pesanan yang membludak; hanya, hal semacam ini tidak diterapkan oleh Sewa Rental Mobil Xpander di Surabaya disebabkan mengacu kualitas layanan. Pengontrolan dan perawatan sebuah mobil akan lebih mudah jika merupakan inventaris atau milik sendiri, sedangkan jika 'berbagi' mungkin akan terbentur pada beberapa hal teknis. Karena rental mobil sendiri tak hanya berkutat dengan bagaimana spesifikasi mobil tersebut; namun juga berhubungan dengan bagaimana kondisi jalan yang dilewati, bagaimana cara mengemudi hingga karakter sopir tersebut.

Berbicara tentang 'laris', dewasa ini Rental Sewa Mobil Innova di Surabaya masih menjumpai berita pada beberapa grup media sosial tentang lowongan transportasi daring (online) yang disasar banyak pemilik kendaraan. Jika dibilang laris, ya memang demikian adanya. Mungkin disebabkan gaji menggiurkan yang disebarkan seorang pelaku (sopir angkutan aplikasi) tadi saat masih baru meluncur dan belum banyak pesaing. Namun diketahui beberapa orang diantaranya kemudian memutuskan berhenti dari pekerjaan paruh waktunya tersebut (karena pada umumnya paruh waktu, bukan pekerjaan penuh-waktu) disebabkan minimnya pendapatan yang diperolehnya.
Jadi bila banyak orang dapat mudah mendaftar sebuah lowongan 'laris' semacam penyedia jasa transportasi daring tersebut, hal tersebut ternyata juga menjadi bumerang bagi mereka yang sangat tergantung pada layanan tadi karena berarti banyak pesaing (khususnya mereka yang mendaftar pada masa awal). Dan ketika seseorang keluar dari kondisi yang ramai tadi tentu secara otomatis akan mengurangi persaingan pula pada lainnya.
Melihat peminatnya memang cukup membuat geleng-geleng kepala; karena beberapa waktu lalu Sewa Rental Pickup Grand Max di Surabaya mendapati artikel dimana populasi pengemudi dari satu aplikasi mencapai 175ribu orang, lebih dari empat kali lipat dari kuota seharusnya sejumlah 36.510 orang: http://roda2blog.com/2018/03/14/pemerintah-tutup-pendaftaran-driver-ojek-dan-taksi-online/. Satu perusahaan aplikasi UBER 'gugur' disebabkan diakuisisi oleh perusahaan transportasi aplikasi GRAB. Secara total populasinya masih tergolong over-kuota dan harus dirampingkan. Jika bukan sistem tersebut yang merampingkan, mungkin yang merampingkan adalah 'seleksi alam'; yakni inisiatif sopir tersebut sendiri untuk keluar disebabkan pendapatannya tidak mampu mencukupi kebutuhan.

Sementara itu, sifat orang yang mudah tergiur disebabkan banyak yang menggunakan sebuah produk barang/jasa sepertinya juga ditemui pada dunia otomotif. Pada dasarnya Rental Sewa Mobil Perhari di Surabaya mempunyai pertimbangan atas pilihan kendaraan yang memperkuat armadanya, dan sejauh ini mungkin hanya melihat kecenderungan dan potensi pasar yang dimiliki Sewa Mobil Surabaya sendiri. Sebagai contohnya seperti yang disebutkan berikut ini: https://focus2move.com/asean-best-selling-cars/.
Dari artikel tersebut kita mengetahui ada satu daftar tentang mobil laris di ASEAN (kawasan Asia Tenggara). Ada beberapa tipe/merek mobil yang termasuk mobil laris namun tidak masuk ke dalam jajaran armada Sewa Rental Mobil Per-12 Jam di Surabaya. Sekali lagi, penyebabnya adalah pertimbangan perusahaan. Ada beberapa pickup modern dengan satu atau dobel kabin yang cukup laris, namun yang demikian pun tidak masuk disebabkan pangsa pasar yang dituju. Begitu pula dengan kelas mobil mungil atau 'city car' yang tidak mungkin dilirik—setidaknya untuk saat ini.
Tetapi beberapa merek tadi ada yang kurang begitu populer di Indonesia meski jenisnya juga diluncurkan, dan ada yang tidak masuk pasar Indonesia disebabkan suatu alasan.

Jadi pada intinya, mengikut membeli mana yang laris atau tidak itu terserah pilihan masing-masing. Namun mencermati kebutuhan sendiri mungkin lebih baik ketimbang sekadar mengikut disebabkan hanya diri kita yang mengetahui kondisi secara pribadi. Kalau kebutuhan dan kekuatan kita hanya sekelas Avanza, mungkin akan ribet jika harus membeli kendaraan di atas 1M sedangkan dari segi pasar pun sudah pasti akan terbatas.

Sementara itu, beberapa sumber menyatakan bahwa mobil-mobil buatan pabrikan di masa kini diproduksi dengan keharusan menggunakan BBM standar Euro-4. Lalu bagaimana dengan keberadaan mobil berstandar Euro-2? Banyak kendaraan Rental Sewa Mobil Plus Sopir di Surabaya sendiri berstandar Euro-2, disebabkan pemerintah langsung menetapkan standar Euro-4 (Euro-2 ditetapkan mulai tahun 2003) tanpa melalui standar Euro-3. Namun referensi berikut ini mungkin menjawab kekhawatiran dari pemilik mobil berstandar Euro-2: https://beritagar.id/artikel/otogen/bisakah-mesin-standar-euro-2-dimodifikasi-jadi-euro-4. Dari yang bisa dibaca pada artikel tersebut, pada umumnya mobil berstandar Euro-2 tak masalah untuk meminum BBM berstandar Euro-4 meski harus 'dikondisikan' atau dimodif sedikit; hanya hal ini tidak berlaku kebalikan, mobil berstandar Euro-4 kemungkinannya akan bermasalah bila harus meminum BBM berstandar Euro-2.
Jadi sepertinya barisan armada Sewa Rental Mobil di Surabaya Barat masih tergolong 'aman' untuk diajak berkeliling saat standar BBM sudah distandarkan menjadi Euro-4. Tetapi yang mungkin perlu diperhatikan adalah respons pasar: http://surabaya.bisnis.com/read/20181001/451/843815/implementasi-bbm-euro-4-semua-pihak-siap-konsumen-jadi-penentu. Meski kebutuhan pembaruan armada sendiri memang selalu dilakukan oleh Rental Sewa Mobil Innova Reborn di Surabaya; yang berarti kemungkinannya pembelian kendaraan Sewa Rental Mobil Baru di Surabaya di tahun-tahun berikutnya telah berstandar Euro-4 disebabkan pabrikan yang telah mengadopsi regulasi pemerintah. Hubungannya dengan laris atau tidaknya, ya mungkin sebaiknya ditunggu bersama.

Karena Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya sendiri cukup jarang bertemu dengan kendaraan dengan konverter gas (biasanya malah angkot) semacam ini: https://www.facebook.com/groups/100556436766949/permalink/1320141924808388/ yang cukup santer terdengar beberapa tahun lalu. Namun mungkin banyak pemilik kendaraan pun menyadari jika misalnya suatu kendaraan akan dijual lagi karena suatu sebab, maka mereka memilih untuk tidak merombak (memodifikasi) kendaraannya disebabkan berpotensi susah dijual. Bila kendaraan yang dari awalnya adalah kendaraan BBG kemungkinannya masih akan mudah disebabkan 'masih standar pabrik', meski penilainya yang terakhir tetap berada di tangan konsumen.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentar Anda.